Pemerintah Diskon Harga Avtur Bagi Maskapai Penerbangan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut skema insentif bagi maskapai penerbangan sudah final. Insentif ini hanya bersifat sementara sebagai kebijakan yang merespons merebaknya virus corona serta diberikan untuk rute penerbangan tertentu saja.

“Sudah diputuskan Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati) untuk secara bersama nanti diumumkan saat kami dapat persetujuan Presiden,” kata Budi Karya Sumadi, Jumat (21/2/20).

Sejumlah menteri terkait sudah menyepakati beberapa hal yang masuk dalam insentif dalam rangka membantu sektor wisata dari dampak corona.

Dia mengusulkan, pemberian insentif bagi maskapai agar dibarengi dengan penurunan harga avtur. Terkait hal ini dia mengaku sudah berbicara dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

“Jadi kalau harga avtur lebih kompetitif, lebih baik, maka perusahaan aviasi maskapai penerbangan bisa turunkan harga. Harga penurunan sama insentif itu akan signifikan,” katanya.

Dengan begitu, Budi Karya menyebut akan bisa tercipta harga tiket pesawat yang lebih murah. Dibandingkan dengan harga saat ini, penurunan harga tiket bisa mencapai 15-20%.