Runway Bandara Supadio Pontianak Bakal Diperpanjang


Untuk meningkatkan pelayanan penerbangan langsung untuk ibadah umroh dan haji, runway di Bandar Udara (Bandara) Internasional Supadio, Pontianak diperpanjang agar mampu melayani penerbangan pesawat berbadan lebar sehingga bisa didarati pesawat widebody Airbus A330 atau yang sekelas.

Proyek perpanjangan runway dari 2.250 x 45 meter menjadi 2.600 x 45 meter dimulai tahun ini dan tuntas dalam 1,5 tahun mendatang.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, dengan dimensi runway yang lebih panjang maka Bandara Internasional Supadio akan semakin mudah melayani warga Kalimantan Barat khususnya Pontianak dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh.

“Selama ini tidak ada penerbangan langsung dari Pontianak ke Arab Saudi karena memang fasilitas di bandara khususnya runway belum mampu untuk mengakomodir itu. Kami harapkan setelah proyek perpanjangan runway ini tuntas maka segera dibuka penerbangan untuk ibadah umroh dan haji,” ujar Awaluddin dalam keterangannya, Jumat (8/2/2019).

Adapun investasi yang disiapkan PT Angkasa Pura II (Persero) untuk proyek perpanjangan runway ini mencapai Rp 158,3 miliar.

Sepanjang tahun lalu, Bandara Internasional Supadio melayani pergerakan sebanyak 4,2 juta penumpang. Tahun ini, pergerakan penumpang diperkirakan dapat mencapai 4,4 juta penumpang.

Maskapai yang melayani penerbangan di Pontianak adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, NAM Air, AirAsia, Wings Air, Express Air, Lion Air dan Citilink.