Perluas Konektivitas Sumatera, Garuda Buka Empat Rute Baru

Maskapai Garuda Indonesia resmi memperkenalkan empat rute baru lintas Sumatera dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Keempat rute tersebut meliputi Batam-Padang (pp); Batam-Pekanbaru (pp); Batam-Jambi (pp); dan Batam-Palembang (pp).

Untuk rute Batam-Palembang sendiri baru dibuka besok Minggu (4/11). Jumlah penerbangannya sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Rute Batam-Padang, seperti dilansir jawapos.com akan melayani penerbangan pulang pergi sebanyak empat kali dalam seminggu. Sedangkan rute Batam-Jambi dan Batam-Pekanbaru beroperasi setiap hari. Ketiganya beroperasi mulai hari ini (3/11).

Para penumpang yang memanfaatkan rute baru ini akan dilayani armada ATR 72-600. Pesawat itu berkapasitas 70 penumpang.

“Nantinya rute baru ini akan terkoneksi langsung dengan sejumlah destinasi penerbangan intra Sumatera lainnya. Setiap minggunya sudah ada lebih dari 20 destinasi,” terang General Manajer Garuda Indonesia Batam Gunar Angkasa saat peresmian empat rute baru itu, di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu (3/11).

Layanan langsung ini merupakan langkah strategis Garuda Indonesia dalam meningkatkan potensi dan memperluas pangsa pasar penerbangan domestik. Terlebih Batam saat ini dikenal dengan pertumbuhan sektor perekonomian dan pariwisata yang sedang berkembang pesat untuk wilayah barat Indonesia.

Rute baru ini juga diharapkan menunjang pertumbuhan iklim investasi nasional, baik di Batam maupun kota-kota lain di Sumatera. Gunar menambahkan, saat ini Garuda telah mengoperasikan 500 penerbangan setiap minggunya di Sumatera. Konektivitas ini terhubung langsung dengan berbagai sektor penerbangan Indonesia. Antara lain sektor regional Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga intra Papua.