Penumpang Pesawat ke Yogyakarta Meningkat 1,01 Persen

PT Angkasa Pura I mengungkapkan, minat masyarakat untuk datang ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat terbang Selama musim Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini mengalami peningkatan dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dari dua bandara yang beroperasi di Yogyakarta, yaitu Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA), jumlah pengguna pesawat terbang selama libur Nataru naik 1,01 % dibanding pada periode sebelumnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengatakan, pihaknya mencatat, puncak kedatangan penumpang di dua bandara ini ada di tanggal 21 Desember 2019, atau H – 4 Natal, di mana jumlah penumpang mencapai 27.000 orang lebih.

Sementara, puncak arus baliknya terjadi pada 5 Januari 2020, di mana jumlah penumpangnya mencapai 23.000 orang lebih. Kemudian jika dikumulasi antara Adisucipto dan YIA, maka ada tren positif selama libur Nataru kemarin dibanding periode yang sama sebelumnya.

“Artinya penumpang yang menuju Yogyakarta baik itu melalui Adisucipto maupun YIa secara akumulasi kita mengalami kenaikan sejumlah 1,01% untuk jumlah penumpang dibandingkan Natal dan Tahun Baru lalu,” papar Pandu usai upacara pembubaran Posko Nataru di Bandara Adisutjipto, Selasa (7/1/2020).