Mudik Lebaran, Penjualan Tiket Pesawat Diprediksi Naik 300 Persen


Meski perayaan lebaran tergolong masih jauh, namun pemesanan tiket pesawat untuk mudik Lebaran 2019 sudah mengalami peningkatan.

“Kami melihat sudah ada pemesanan tiket pesawat untuk periode mudik dan arus balik. Namun jumlahnya belum signifikan,” ujar  Busyra Oryza Corporate Communication Manager Pegipegi.

Biasanya puncak pemesanan tiket pesawat akan mulai meningkat drastis dua pekan sebelum Lebaran. Adapun peningkatan penjualan diperkirakan mencapai 200-300 persen dari hari-hari biasa

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan kapasitas penumpang pesawat rute domestik per hari pada masa mudik Lebaran pada H-7 hingga H-7 Lebaran meningkat 2,38 persen ketimbang hari biasa.

Sementara itu, maskapai akan menambah jumlah seat rata-rata 2,5 persen per hari. “Total per hari kapasitas kursi mencapai 397.879,” ujar Polana pada rapat di Kementerian Perhubungan, Senin lalu.

Sementara itu, pertumbuhan penumpang untuk rute luar negeri diprediksi tumbuh 7,88 persen ketimbang hari biasa. Adapun jumlah armada yang akan beroperasi selama mudik berjumlah 547 pesawat dari 12 badan usaha angkutan udara.