Menteri BUMN Imbau Garuda Indonesia Fokus Penerbangan Dalam Negeri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta maskapai perusahaan pelat merah Garuda Indonesia untuk berinovasi bisnis, yaitu dengan fokus dalam penerbangan dalam negeri. Hal ini dilakukan untuk mengganti rute ke China yang sampai saat ini masih dilarang.

Erick menyebut, Garuda nantinya dapat menggunakan pesawat dengan kapasitas lebih besar untuk dimanfaatkan dalam rute domestik. Karena seharusnya pesawat tersebut digunakan untuk terbang ke China agar dapat digunakan.

“Lalu Garuda Indonesia dengan tidak terbang ke China bisa buat strategi baru apakah menggunakan tadinya pesawat berbadan kecil jadi yang berbadan besar,” ujar Erick di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Ia menambahkan, sektor pariwisata menjadi bagian yang paling terkena dampak akibat penyebaran virus korona. Oleh karena itu, dia mengimbau seluruh pihak di sektor pariwisata untuk berinovasi meningkatkan geliat pariwisata

“Penurunan wisman sudah terjadi, dan akhirnya tadi ekspor ke luar negeri akan lambat. Ini mengapa saya berharap walaupun belum ada, tapi kita harus siap, waspada,” kata dia.