Melalui DAMP, Pekerja di Garuda Indonesia Bebas Narkoba

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  melalui Drug & Alcohol Management Program (DAMP) mencegah peredaran narkoba dan penyalahgunaan obat-obatan serta minuman beralkohol di lingkungan perusahaan.

Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe  menjelaskan, program tersebut bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional. Pihaknya juga rutin mengadakan penyuluhan anti narkoba yang diadakan bersama dengan Polri maupun BNN pada Garuda Indonesia Training Center

“Seluruh pegawai di unit operasi penerbangan, awak kabin, teknik maintenance, kargo, porter, dan ground handling kami yang diuji DAMP, sejauh ini belum ada yang ditemukan terbukti menggunakan narkoba,” kata Nico, Minggu (12/8/2018).

Nico menuturkan DAMP terdiri dari tiga program utama, yaitu Drug and Alcohol Education Program, Drug and Alcohol Testing Program, dan Drug and Alcohol Response Program.

Pihaknya menyatakan secara tegas akan memberikan sanksi pemecatan kepada karyawan yang didapati secara positif, setelah melalui proses pemeriksaan awal dan lanjutan, menggunakan obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol.