Mei 2020 Bandara Jenderal Besar Soedirman Ditargetkan Beroperasi

Pada bulan Mei 2020 Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga ditargetkan akan beroperasi, itu bertepatan musim mudik Lebaran tahun ini.

“Tentunya, setelah mendapatkan izin dari regulator, yakni Kementerian Perhubungan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin ketika audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk pembangunan landasan pacu dan apron bandara ditargetkan rampung pada April 2020. Bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter. Landasan pacu tersebut akan mampu digunakan lepas landas dan mendarat pesawat tipe ATR72.

“Tentu akan menjadi alternatif moda transportasi masyarakat pada musim mudik lebaran tahun ini,” ujar dia.

Bandara Jenderal Besar Soedirman juga akan dilengkapi dengan gedung terminal seluas 1.300 meter. Terminal tersebut akan mampu menampung 250 ribu sampai 300 ribu penumpang setiap tahun. Namun, pembangunan terminal tersebut diperkirakan baru selesai pada September 2020. Selanjutnya, operasional optimal bandara akan mulai Oktober 2020.

Ganjar menyambut baik progres pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman. Dia tidak menyangka progres pembangunan lebih cepat dibanding perkiraannya. “Tentu ini kabar yang menggembirakan, saya akan mendorong penuh agar nanti lebaran benar-benar bisa ada pesawat mendarat,” ujar dia.