Load Factor Bandara Kertajati Meningkat Hingga 70 Persen

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) sukses mengoptimalkan kinerja Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.  Optimalisasi Bandara Kertajati salah satunya terlihat dari tingkat keterisian penumpang pesawat (load factor) yang terus meningkat hingga saat ini mencapai rata-rata 70%.

“Dari apa yang kami lihat, load factor naik dari 50% menjadi 70%. Itu menandakan bahwa program kita (terkait Bandara Kertajati) diminati masyarakat, diapresiasi. Dari hari ke hari naik, cukup agresif kenaikannya,” jelas Menhub Budi dalam keterangannya, (7/7/2019).

Dirinya melanjutkan, bahwa Presiden Joko Widodo sangat menaruh perhatian terhadap Kertajati, di mana bandara terbesar di Jawa Barat itu harus digunakan baik dan maksimal. 

Sementara itu Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, sejak 1 Juli 2019 pergerakan pesawat dan penumpang berada di dalam tren positif. 

“Pergerakan pesawat di Kertajati mencapai 30-34 pergerakan per hari, dengan pergerakan penumpang mencapai 3.500-4.000 orang per hari terdiri dari datang dan pergi. Yang menggembirakan, Kertajati membuka pasar baru yaitu penumpang yang berasal dari Jawa Tengah bagian barat misalnya dari Brebes, Pemalang dan Tegal. Mereka lebih memilih terbang melalui Kertajati yang ada di Jawa Barat,” papar Muhammad Awaluddin. 

“Hal ini yang membuat load factor maskapai mampu terus mengalami kenaikan hingga saat ini mencapai 70%,” tambahnya.

Dimana diketahui, Kemenhub dan AP II serta stakeholder lain juga tengah menyiapkan strategi agar load factor maskapai dapat tetap di level tertinggi.