Last Flight, Ini Pesan Capt. Helmi kepada Pilot Muda

APG – Salah satu pilot terbaik PT Garuda Indonesia Capt. Helmi pada Selasa (13/2) kemarin memasuki masa Purnabakti, pada momen itu ia disambut rekan se profesinya yang tergabung di Asosiasi Pilot Garuda (APG) di terminal 3 bandar udara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang.

Capt. Helmi yang menerbangkan pesawat Boeing 777 itu kali pertama terbang sebagai student pilot di pertengahan tahun 1981 dengan jenis pesawat  Jenis Beechcraft Sundowner mesin Tunggal. Kemudian ia masuk bekerja di PT Garuda Indonesia sebagai pilot pada 24 Juli 1984.

“Saya masuk di tahun 1984, setelah menyelesaikan serangkaian Training yang cukup banyak dan lama, ia pertama kali bertugas menerbangkan pesawat Fokker F28 Jet,” ungkapnya.

Ia menuturkan perasaanya hingga capaiannya saat ini adalah suatu kebanggaan. “Saya merasa bersyukur dan bangga bisa mencapai Last Flight dengan selamat,” tutur pilot yang telah memiliki 20.375  jam terbang ini.

Ia bercerita soal pengalamannya yang sampai saat ini tak terlupakan, yaitu saat ada penumpang Jendral Bintang 2 AD dan satu Pramugari saya menangis setelah masuk cuaca buruk yang menyebabkan membatal kan pendaratan dan di alihkan ke Bandara lain.

Pada kesempatan yang membanggakan ini, Capt. Helmi berpesan kepada generasi pilot muda agar tetap disiplin dan “lupa” kan masalah-masalah di luar penerbangan saat tugas terbang. Dirinya juga memiliki kesan yang terus melekat selama bekerja di Garuda Indonesia, bersama keluarga ia bisa menjelajah manca Negara . (Q)