Idul Adha, Penerbangan SIM Ditunda Sementara

Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara melalui Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyetujui penghentian sementara aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, khusus pada hari pertama Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Persetujuan itu dikeluarkan sebagai jawaban atas surat Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali kepada General Manager (GM) PT Angkasa Pura II yang diajukan pada 24 Juli 2019 lalu. 

 “Insya Allah sudah ada persetujuan dari Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan sebagai perwakilan Dirjen Perhubungan Udara,” kata General Manager PT Angkasa Pura II,  Yos Sugiono, Kamis (8/8).

Ia menjelaskan, penghentian aktivitas penerbangan dilakukan khusus pada hari pertama Hari Raya Idul Adha, mulai dari pukul 07.25 sampai 11.00 WIB.

Meski demikian, pembatasan itu tidak mempengaruhi jadwal penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air dari Bandara SIM, sebab penerbangan kedua pesawat itu dilakukan di bawah pukul 07.00 WIB.

“Kalau Lion Air pukul 06.00 WIB bisa terbang, Garuda Indonesia juga masih bisa terbang pukul 07.00 WIB,” sebut Yos Sugiono.

Disamping itu, Yos juga menyampaikan bahwa manajemen PT Angkasa Pura II akan menyelenggarakan shalat Idul Adha berjamaah di lapangan parkir Bandara SIM, bersama para stakeholder dan komunitas bandara, serta masyarakat sekitar. Penyelenggaraan shalat Idul Adha ini diiringi dengan penyembelihan hewan kurban sebanyak empat ekor sapi dan satu ekor kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat.