(021)-559-0447 secretariat@apg.or.id

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMF) menggelar acara peresmian fasilitas teranyar di lini bisnis perawatan engine pesawat yakni Single Jackscrew Gantry System. Bertempat di Engine Shop GMF AeroAsia, Tangerang, peresmian Single Jackscrew Gantry System dibuka oleh Direktur Utama GMF AeroAsia, Tazar Marta Kurniawan dan turut dihadiri oleh Direktur Teknik PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Rahmat Hanafi dan Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

Dalam sambutannya Tazar menyampaikan Engine Maintenance Services merupakan salah satu lini bisnis yang menjadi revenue generator GMF di tahun ini dan Jackscrew Gantry System merupakan salah satu cara untuk pengembangan kedepannya.

“Bahwa fasilitas Single Jackscrew Gantry System ini adalah yang pertama kali hadir di Asia dan kedua di dunia. Kita harus bangga menjadi pelopor inovasi teknologi engine maintenance di Asia”, kata Tazar.

Hadirnya Engine Gantry System ini merupakan salah satu milestone GMF untuk mencapai target pekerjaan 150 engine dalam setahun. Sebelum fasilitas ini hadir, kapasitas perawatan engine maintenance untuk assembly dan disassembly bisa mencapai 100 engine dalam setahun, namun dengan adanya Engine Gantry System jumlah engine yang dapat dikerjakan mampu mencapai angka 150 dalam satu tahunnya.

Hal ini pun dibarengi dengan proses assembly yang bisa lebih cepat 6 jam dari sebelumnya.

“Kami mengutamakan efisiensi bukan hanya dalam proses produksi, melainkan juga untuk mewujudkan efisiensi kepada customer kami, baik dari segi waktu pengerjaan serta TAT yang ditetapkan bisa tepat waktu. Kami percaya fasilitas ini akan menghadirkan perawatan engine yang terintegrasi, efisien, efektif, dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi customer kami”, tambah Tazar.

Engine Gantry System merupakan sistem pendukung dalam hal perawatan dan perbaikan engine yang dapat digerakkan secara vertikal maupun horizontal. Sistem ini menghasilkan tingkat safety factor 1.5 kali lebih besar dari berat engine sendiri serta mampu menjamin keamanan personel melalui pengaturan posisi engine yang lebih ergonomis.

Tazar juga menyampaikan harapannya agar fasilitas Jackscrew Gantry System dapat menjadi trigger untuk lebih meningkatkan revenue dan sebagai akselerator pengembangan bisnis Engine Services.

“Pasar perawatan engine di kawasan Asia-Pasifik hingga 5 tahun kedepan meningkat 4,2% setiap tahunnya, kami optimis fasilitas ini akan disambut baik oleh market di regional ini dan tantangannya adalah membawa customer domestik maupun regional melakukan shop visit-nya ke GMF”, tutup Tazar.