(021)-559-0447 secretariat@apg.or.id

APG – Perusahaan perawatan pesawat (maintenance, repairing, and operation/MRO) PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF AeroAsia) berencana melebarkan sayap usahanya sampai timur tengah. Ekspansi bisnis GMF AeroAsia ini ditujukan untuk mencapai posisi 10 besar perusahaan MRO terbaik di dunia pada tahun 2020.
Juliandra Nurtjahjo, Direktur Utama GMF AeroAsia mengatakan, pemilihan lokasi ekspansi ke Timur Tengah tak lain karena alasan sebagai gerbang utama untuk transit penerbangan jarak jauh. Jika hanya terus beroperasi di Indonesia, perusahaan bisa kehilangan banyak peluang dari maskapai-maskapai kelas dunia.

“Di Timur Tengah itu pelanggan kelas dunia berkumpul dan jaraknya juga jauh dari lokasi kami di Cengkareng. Kami harus responsif dan mendekatkan diri ke mereka,” ujar Juliandra, Kamis malam (28/7).

Dalam perluasan usaha ini, perseroan akan bermitra dengan perusahaan MRO internasional lain yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab. Perusahaan-perusahaan MRO internasional telah mengajak GMF AeroAsia untuk bermitra dengan perhitungan investasi yang berbeda, mengingat anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk itu hanya menempatkan beberapa Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki di Dubai.

Ia berharap, ekspansi ini bisa berjalan pada tahun 2017, mengingat pada tahun ini perusahaan hanya tinggal menyelesaikan negosiasi soal bentuk kerja sama antara kedua perusahaan. Masalah administrasi lain, lanjut dia, sudah diselesaikan jauh hari sebelumnya.

“Kami yakin tahap awal kerja sama akan selesai di tahun 2016 sehingga 2017 sudah bisa implementasi. Kami harap ini bisa berjalan baik karena maskapai kelas dunia tentu akan memilih bengkel kelas dunia juga. Kalau sudah seperti itu ya ambisi kami jadi Top 10 perusahaan MRO di 2020 bisa tercapai,” imbuh Juliandra. (sumber:CnnIndonesia/eq)