Garuda Indonesia Promosikan Wisata Candi Borobudur dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Maskapai nasional Garuda Indonesia bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) bersinergi dalam mendukung potensi pariwisata nasional di Indonesia melalui program promosi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur dan promosi investasi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.


Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman komitmen sinergi promosi oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara,  Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero)  Edy Setijono dan Direktur Utama  PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) Abdulbar M Mansoer di Labuan Bajo (6/10) yang bertepatan dengan penyelenggaraan Rapat Kordinasi BUMN.


Adapun penandatangan nota kesepahaman tersebut turut disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah.


Melalui penandatanganan  nota kesepahaman tersebut, Garuda Indonesia bersinergi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) beserta PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) menjalankan program promosi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur dan promosi investasi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang salah satunya rencananya akan dilaksanakan melalui platform promosi digital di boarding pass terbaru Garuda Indonesia.


Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Garuda Indonesia ketika inovasi yang dilaksanakan perusahaan melalui platform ruang promosi digital di boarding pass baru Garuda Indonesia dapat disinergikan diantara BUMN dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara   di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, Jawa Tengah dan promosi investasi Kawasan Ekonomi Khusus di Mandalika, Lombok”.


 “Boarding pass merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pengalaman penerbangan para pengguna jasa kami. Melalui platform baru ruang promosi digital pada boarding pass baru ini  Garuda Indonesia berupaya menghadirkan strategi promosi yang  efektif, khususnya dengan jangkauan coverage promosi yang mencapai lebih lebih 25 juta penumpang dari berbagai belahan dunia yang kami angkut setiap tahunnya”. papar Ari.  


Ari menyampaikan bahwa kerja sama ini akan menyasar penumpang internasional inbound dan Garuda Indonesia optimistis melalui sinergi promosi bersama dengan BUMN Pariwisata Nasional ini dapat semakin memperkenalkan berbagai keunggulan destinasi wisata Indonesia ke kancah dunia. “Khususnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO  maupun kawasan Mandalika yang menyimpan potensi sebagai kawasan bisnis berbasis pariwisata unggulan Indonesia”. kata Ari.


“Sebagai National Flag Carrier tentunya menjadi komitmen kami dalam mendukung peningkatan potensi pariwisata dan iklim investasi Indonesia dimana hal tersebut turut kami lakukan dengan pendekatan strategi promosi digital yang lebih seamless serta dapat menjangkau masyarakat dunia secara lebih luas”, tambah Ari.


“Adapun sinergi promosi tersebut rencananya akan turut kami kembangkan melalui strategi platform promosi lainnya yang dimiliki Garuda Indonesia”, papar Ari.


Selain hadir dengan desain baru bertemakan batik, boarding pass baru Garuda Indonesia dilengkapi dengan fitur QR code dimana  pengguna jasa dapat mengakses promosi menarik dari para mitra Garuda Indonesia melalui penggunaan gadget dan memindai QR Code yang ada di belakang boarding pass.


Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono mengungkapkan, “Kerja sama ini diharapkan akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata di Candi Borobudur serta berbagai destinasi wisata unggulan lainnya yang dikelola oleh Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, khususnya dalam mendukung upaya kami dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di Tahun 2019 ini”.


Sementara itu, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) Abdulbar M Mansoer  menambahkan “Sebagai BUMN yang bergerak di bidang pariwisata, kami turut  berperan aktif dalam mendukung program pemerintah untuk peningkatan kunjungan wisatawan asing melalui pengembangan kawasan ekonomi khusus berbasis destinasi pariwisata yang salah satunya kami lakukan di Mandalika, Lombok. Komitmen tersebut yang kami harapkan dapat semakin optimal melalui spirit sinergi BUMN bersama Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier kebanggaan bangsa”. 

Lebih lanjut, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bahwa “Sinergi promosi yang dilaksanakan Garuda Indonesia bersama BUMN Pariwisata Nasional ini tentunya kami harapkan dapat menjadi kolaborasi yang efektif dan berkelanjutan dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata nasional melalui upaya peningkatkan kunjungan wisatawan mancenagara yang turut didukung basis iklim investasi infrastruktur pariwisata yang solid di Indonesia”, tutup Edwin.