Garuda Indonesia Janji Berikan Layanan Terbaik Untuk Jemaah Haji

Garuda Indonesia (Persero) sebagai maskapai yang melayani penerbangan haji berjanji akan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh jemaah Indonesia. Tak hanya itu, maskapai berplat merah itu juga memastikan kelancaran operasional selama musim haji 2019.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara melepas keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo, di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Minggu (7/7) pagi. Dia mengatakan, Garuda Indonesia Group telah melakukan berbagai persiapan untuk kelancaran penerbangan haji tahun ini.

“Garuda Indonesia Group secara intensif berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan kebandarudaraan untuk bersama-sama memastikan kelancaran operasional haji. Kami juga berupaya untuk memberikan layanan transportasi udara terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia,” ujar Ari.

Ari, diwartakan merdeka.com menyampaikan, pihaknya akan terus memonitor pelaksanaan penerbangan haji tahun ini dengan mengedepankan aspek keselamatan on time performance (OTP) dan service excellence. Pada musim haji 2019/1440H ini, lanjut dia, total jemaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan mencapai 111.071 orang. Untuk mendukung operasional, pihaknya mengoperasikan 14 pesawat. Di antaranya pesawat jenis Boeing 777 dengan kapasitas 393 seat, Airbus 330 dengan kapasitas 360 seat dan Boeing 744 berkapasitas 455 seat.

Sebanyak 111.071 jemaah tersebut tergabung dalam 284 kelompok terbang (kloter) dari 9 embarkasi. Embarkasi Banda Aceh sebanyak 4.711 jemaah, Embarkasi Medan 8.641 jemaah, Embarkasi Padang 7.035 jemaah, Embarkasi Jakarta 19.650 jemaah, Embarkasi Solo 34.882 jemaah Embarkasi Balikpapan 6.825 jemaah, Embarkasi Makassar 18.190 jemaah dan Embarkasi Lombok 4.967 jemaah.

“Pelaksanaan penerbangan musim haji 2019/1440H, kloter pertama dilaksanakan secara serentak di 5 embarkasi dari total 9 embarkasi yang dilayani,” katanya.