Garuda Indonesia Didorong Buka Penerbangan Langsung ke Moskow

Tingkat kunjungan wisatawan dari Rusia ke Indonesia melonjak 100 persen, demikian sebaliknya. Hal ini seiring dengan besarnya upaya pemerintah Indonesia dalam mempromosikan kebudayaan yang menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan.

Terkaitu itu, Duta Besar RI untuk Rusia M. Wahid Supriyadi berharap maskapai Garuda Indonesia dapat segera membuka penerbangan langsung ke Moskow.

Ia mengungkpakan, saat pertama kali bertugas di Rusia pada 2016, jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia hanya 80-an ribu orang dan dari Indonesia ke Rusia cuma lima ribuan orang. Tapi setelah ia empat kali menggelar Festival Indonesia jumlah kunjungan turis kedua negara meningkat drastis.

“Setelah empat kali festival, tahun lalu itu wisatawan Rusia ke Indonesia hampir 160 ribu atau naik 100%. Dari Indonesia juga mencapai 31 ribu atau naik 600%,” papar Wahid.

Bagi wisatawan Indonesia, berkunjung ke Rusia relatif lebih murah dari sisi ongkos dan biaya penginapan. Bagi turis Rusia, Indonesia menawarkan keindahan dan kekayaan alam dan iklim yang tidak pernah mereka rasakan. Sebab di sejumlah wilayah di Rusia, umumnya cuaca lebih banyak dingin setiap tahunnya.

“Turis asing yang belanja paling banyak itu dari Rusia. Mereka juga tinggal lebih lama nomor 2 di Bali. Sejauh ini tidak ada catatan tentang turis asal Rusia,” papar Wahid.

Direksi Garuda sebelumnya telah melakukan kajian tentang hal ini. Semoga hasil kaji ulang direksi yang baru bisa memanfaatkan peluang ini.