Garuda : Tak ada Kenaikan Tiket Saat Nataru

Maskapai Garuda Indonesia menyebut tak akan ada kenaikan harga tiket pesawat saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

“Enggak boleh ada kenaikan harga, pokoknya enggak naik lah. Kami beri kesempatan masyarakat (merayakan) Natal dan Tahun Baru (dengan harga tiket tidak naik) lah,” ujar Pikri.

Pikri menjelaskan, Garuda Indonesia tak bisa asal mematok harga tiket pesawat. Sebab, ketentuan harga tiket pesawat sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan.

“Airlines manapun tak boleh jual lebih dari TBA (tarif batas atas),” kata Pikri.

Pikri menambahkan, biasanya masyarakat digegerkan dengan harga tiket pesawat yang terdapat di online travel agent (OTA). Ia mengingatkan masyarakat untuk cermat melihat harga tiket pesawat di OTA.

Sebab bisa jadi harga tiket pesawat yang dicantumkan OTA bukan merupakan tiket penerbangan langsung, namun tiket penerbangan transit sehingga harganya bisa lebih mahal.

“Tapi yang jadi masalah OTA, dia bisa gabungkan rute-rute yang sebabkan harga mahal. Contoh Bandung-Medan TBA-nya Rp 2,4 juta. Tapi karena Garuda tak ada penerbangan langsung, dia akan cari rute dari Bandung-Denpasar-Cengkareng-Medan. Sehingga harganya gabungan dari itu totalnya Rp 5 juta,” ucap dia.