Bandara Kertajati Akan Jadi Pusat Logistik e-Commerce

Fungsi Bandara Kertajati akan ditambah menjadi pusat logistik produk-produk e-commerce yang dikirim ke Jawa Barat,  demikian di ungkap oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  Rencana ini sedang di bahasa dengan berbagai pihak terkait.

“Sekarang sedang kita rintis Kertajati sebagai pusat e-commerce. Jadi kan kita-kita semua ini banyak yang beli jeans, kacamata, pake online nah distribusinya itu akan dilakukan di Kertajati tidak di Soekarno Hatta (Soetta),” kata Budi Karya di Jakarta.

Bandara Kertajati akan jadi salah satu bandara yang akan menjadi complimentary (pelengkap) terhadap Bandara Soetta.


“Kita udah bicara dengan investor dalam negeri, luar negeri, AP II. Pokoknya, sedang dirintis ini jadi pusat logistik kita bicarakan,” kata Budi Karya.

Selama ini, Bandara Kertajati disebut sebagai bandara yang gagal, karena setelah megah dibangun, bandara ini masih sepi pengunjung. Kurangnya konektivitas ke bandara jadi alasan utama hal ini terjadi.

Namun, menurut Budi Karya pemerintah saat ini terus mengebut konektivitas ke sana. Salah satunya dengan mengebut pembangunan Pelabuhan Patimban dan juga Jalan Tol Cisumdawu.

“Itu nanti akan dekat sama Patimban, Tol Cisumdawu juga akan selesai tahun depan, maka akan ada konektivitasnya,” kata Budi Karya.