Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 Maret

PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan secara penuh Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai Minggu (29/3/2020). Pengoperasian penuh bandara baru itu tak akan disertai upacara peresmian guna menekan risiko penularan Covid-19 yang kini tengah merebak.

”Kami enggak pakai seremoni karena situasi dan kondisi terkait Covid-19. Jadi, langsung beroperasi saja,” kata Pelaksana Tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Kamis (26/3/2020), di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, dengan pengoperasian penuh itu, seluruh penerbangan komersial dengan pesawat bermesin jet di Bandara Internasional Adisutjipto akan dipindahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta. Total ada 54 penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto yang bakal dipindah ke BIY mulai 29 Maret 2020.

Dari 54 penerbangan yang akan dipindah itu, 48 penerbangan merupakan penerbangan domestik. Dilansir dari Kompas, adapun enam penerbangan lain merupakan penerbangan internasional dengan rute Malaysia dan Singapura. Dengan pemindahan itu, Bandara Internasional Adisutjipto hanya akan melayani penerbangan menggunakan pesawat propeller (baling-baling) serta penerbangan VIP yang menggunakan pesawat jet pribadi.

Data PT Angkasa Pura I menunjukkan, sejak beroperasi secara terbatas mulai 6 Mei 2019 hingga Februari 2020, BIY telah melayani 336.823 penumpang dan 3.843 pergerakan pesawat dengan 13 rute domestik. Rute domestik itu mencakup Denpasar, Banjarmasin, Palembang, Jakarta (Cengkareng dan Halim Perdanakusuma), Palangkaraya, Batam, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pontianak, Makassar, dan Kualanamu.

Pandu memaparkan, semua fasilitas dan sarana-prasarana di Bandara Internasional Yogyakarta telah siap melayani penerbangan yang dipindahkan dari Bandara Internasional Adisutjipto. Fasilitas untuk mendukung penerbangan dengan rute internasional juga telah disiapkan di Bandara Internasional Yogyakarta.

”Secara umum, kami sudah siap untuk pemindahan ini sehingga tidak perlu ada seremoni lagi. Nanti mungkin seremoninya setelah keadaan darurat ini berlalu,” ujar Pandu.

Sebagai informasi, Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) merupakan bandara baru di wilayah DIY. Bandara di wilayah Kecamatan Temon, Kulon Progo, itu akan digunakan untuk menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto di Kabupaten Sleman, DIY, yang dinilai tidak lagi memadai. Sejak Mei 2019, Bandara Internasional Yogyakarta sebenarnya sudah mulai beroperasi secara terbatas dengan melayani sejumlah penerbangan.