AP II akan Pekerjakan Disabilitas

PT Angkasa Pura II (Persero) pada tahap awal merekrut lima orang penyandang disabilitas untuk bekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hata. Mereka nantinya akan bekerja di terminal penumpang pesawat, atau tepatnya sebagai personil Information Center, Customer Service, atau iMate Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge), demikian di jelaskan SVP of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Deni Krisnowibowo.

Sebagai permulaan, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 4 September, sebanyak 4 orang penyandang disabilitas melakukan kunjungan ke Terminal 2 dan 3 untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di Soekarno-Hatta. Setelah kunjungan ini, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsi mereka dalam bekerja di terminal.

“Dalam waktu dekat kami akan merekrut penyandang disabilitas dan rencananya mereka akan ditugaskan sampai akhir tahun. Selanjutnya kami akan menawarkan kepada mereka untuk bergabung bersama AP II,”ujar Deni, Rabu (4/9/2019).

Hal ini lantaran, penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di sektor pelayanan publik. Sementara, salah seorang penyandang disabilitas yang berkunjung ke Terminal 3 Soekarno-Hatta, Catur Sigit Nugroho yang saat ini menggunakan kursi roda, mengaku saat ini juga bekerja di Kementerian Perhubungan.

Catur Sigit Nugroho mengatakan fasilitas yang ada di Soekarno-Hatta sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini. “Saya bisa menginformasikan kepada teman-teman disabilitas, kalau fasilitas di sini [Soekarno-Hatta] sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini,” jelasnya.

Catur juga mengapresiasi Angkasa Pura II yang memiliki rencana untuk merekrut pegawai peyandang disabilitas. Dia bersama kawan-kawan disabilitas lain diminta bantuan untuk memetakan perekrutan tersebut.

“Kebetulan Angkasa Pura II meminta kami untuk membantu pemetaan, mapping guna merekrut karyawan disabilitas,” jelas Catur Sigit Nugroho.