Akhir Maret, Landasan Bandara Banyuwangi Rampung Diperpanjang

Pekerjaan perpanjangan dan pelebaran landasan pacu di bandara Banyuwangi diprediksi rampung akhir Maret. Sebelumnya panjang landasan hanya 2.250 meter dan kini telah mencapai 2.500 meter.

Dengan selesainya perpanjangan landasan tersebut maka pesawat berbadan besar bakal bisa mendarat. Selain itu, tingkat kekerasan landasan atau pavement classification number (PCN) juga ditingkatkan.

“Untuk lebar runway dari 30 meter diperlebar menjadi 45 meter. PCN-nya dari 37 di awal kita sertifikasinya, menjadi 56 PCN-nya,” ujar Heru Karyadi, Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi, Kamis (12/3/2020).

Perluasan runway itu, kata Heru, untuk mengakomodir pesawat berukuran besar. Dilansir dari detik.com, runway Bandara Banyuwangi ini diharapkan bisa dioperasikan secara maksimal dan bisa didarati pesawat besar seperti pesawat Boeing 737-900 ER

“Akhir Maret bakal selesai. Termasuk pemasangan lampu samping runway,” tambahnya.

“Saat ini kami melakukan verifikasi dan sertifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk memverifikasi dan mensertifikasi progres pekerjaan perpanjangan dan pelebaran landasan,” tambahnya.