(021)-559-0447 secretariat@apg.or.id

Kementerian Perhubungan mencatat jumlah penumpang yang mudik menggunakan angkutan udara untuk rute domestik di seluruh bandara selama angkutan Natal dan Tahun Baru melorot 6,51 persen dari tahun lalu. Tahun ini, total pemudik via pesawat hanya mencapai 5,1 juta. Sedangkan tahun lalu mencapai 5,4 juta penumpang.

Adapun secara keseluruhan, data penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru terekam sebanyak 17.059.943 orang untuk semua moda transportasi. Jumlah penumpang tersebut mengalami penurunan sebesar secara kumulatif sebesar 2 persen ketimbang tahun lalu.

Untuk transportasi udara, PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pergerakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2020 sebanyak 5,3 juta orang. Data ini terekam dari 16 bandara yang dikelola perseroan.

“Secara keseluruhan operasional dan layanan bandara selama periode Nataru berjalan lancar,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Januari 2020.

Secara kumulatif, Awaluddin mengatakan laju frekuensi pesawat mencapai 40.175 pergerakan, baik domestik maupun internasional. Adapun rute penerbangan selama Natal dan Tahun Baru didominasi oleh penerbangan domestik dengan kota tujuan terfavorit.

Sejumlah rute favorit di antaranya Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makassar, dan Semarang. Sedangkan rute penerbangan internasional didominasi penerbangan ke Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Jeddah, dan Penang.