5 Cara Cepat Melalui Proses Masuk Pesawat

Rencana berpegrgian kadang-kadang harus tersendat karena kendala saat menuju bandara. Pada umumnya kamu harus sampai di bandara minimal dua jam untuk penerbangan internasional dan satu jam untuk penerbangan dalam negeri.

Sampai di bandara kamu masih harus melakukan berbagai hal, seperti check-in, mengantre untuk pemeriksaan, dan keperluan lain contohnya ke toilet. Berikut ini beberapa tips dari Smarter Travel untuk dapat menghemat waktu di bandara dan masuk ke pesawat tepat waktu. Mulai berangkat dari rumah hingga duduk di kursi pesawat :

  1. Cek status penerbangan

Persiapan untuk terbang sudah harus dimulai sejak 24 jam sebelum penerbangan. Kamu harus mengecek selalu status penerbangan. Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengirimkan jadwal pembaruan status penerbangan.

  1. Jangan lupa Check In online
    Fasilitas check-in online dapat dilakukan oleh penumpang yang tidak memanfaatkan fasilitas bagasi terdaftar. Penumpang dapat menghemat banyak waktu jika melakukan check-in online.
  2. Timbang bagasi
    Banyak bandara memasang timbangan di depan area check-in. Jika kamu merasa bahwa bagasi terdaftarmu memiliki berat berlebih, timbang sebelum kamu mengantre ke petugas check-in.
  3. Tempatkan dokumen di tempat yang mudah diakses
    Hal ini mungkin sepele namun sangat penting saat kamu melewati pintu masuk, melakukan check-in, masuk ke ruang tunggu, melakukan pemeriksaan tas dengan mesin x-ray, hingga masuk ke kabin pesawat. Tempatkan kartu identitas seperti KTP atau paspor dan boarding pass di bagian yang mudah diakses dari dompet atau tas.
  4. Menuju gerbang keberangkatan
    Kamu dapat langsung menuju gerbang keberangkatan yang sudah ditentukan. Selain itu kamu juga bisa duduk di dalamnya sambil menunggu panggilan masuk pesawat.