Tingkatkan Layanan, Regulator ‘Coffee Morning’ dengan Operator

Dalam rangka peningkatan  pelayanan jasa penerbangan, Regulator dan operator menggelar acara Coffee Morning & Breakfast Meeting Subsektor Perhubungan  Udara, di Kantor Angkasa Pura I, Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Adapun tujuan acara ini menyinergiskan komunikasi antara Kementerian Perhubungan dengan para operator penerbangan udara.

Direktur Utama Perhubungan Udara Suprasetyo menjelaskan, komunikasi memang harus terjalin dengan baik. Oleh karena itu, jika ada hambatan pada operator selayaknya disampaikan kepada regulator untuk diselesaikan.

Ia menjelaskan, segala layanan menjadi perhatian badan penerbangan sipil internasional (ICAO), maka diperlukan sinergi supaya yang dilakukan dunia penerbangan nasional dapat sesuai dengan aturan.

“Kita buat aturan-aturan yang sesuai. Ini untuk memenuhi standar keselamatan. Tetapi jika ada aturan yang tidak sesuai maka kita review deregulasi, peraturan yang mana ternyata malah merugikan masyarakat,” terangnya.

Dia mencontohkan, aturan pembekuan rute penerbangan yang haru diubah, karena jika terjadi kelalaian yang harus dihukum adalah operatornya. Aturan seperti ini yang harus dibahas bersama-sama antara operator dan regulator. (*/eq)