Landasan Tiga Bandara Soekarno-Hatta Dibangun Maret 2018

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin menyebutkan pihaknya akan segera melakukan groundbreaking runway atau landas pacu ketiga Bandara Soekarno Hatta pada Maret 2018. Pembangunan landasan ini menghabiskan waktu 16 bulan, sehingga akan beroperasi pada 2019 mendatang.

“Target groundbreaking Maret 2018, dengan waktu pembangunan setidaknya 16 bulan,” ujar Awaluddin di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (7/2).

Dia menegaskan, nantinya runway tiga bakal berdekatan dengan runway dua atau persisnya di sebelah utara. Hal ini mengingat efisiensi biaya yang harus ditekan oleh perusahaan.

Untuk membangun runway tiga, lanjutnya, AP II bakal menggunakan modal usaha yang berasal dari pengeluaran pendapatan usaha (capex) senilai Rp 4 triliun. Modal tersebut diantaranya akan digunakan untuk membebaskan lahan.

“(Jadi lahan) dari taxi way dan runway. Total dana runway tiga berasal dari PMN (sebesar Rp 4 triliun) dan juga capex internal senilai Rp 1,8 triliun,” jelasnya.

Awaluddin menambahkan, total lahan yang mesti dibebaskan untuk membangun runway tiga ini mencapai 90 hektar. Harapannya, keberadaan runway tiga ini dapat meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat di Bandara Soetta.

Sepanjang tahun 2017 saja pergerakan pesawat meningkat menjadi 821.188 pergerakan dari 723.799 pergerakan atau 81 pergerakan menjadi 114 pergerakan pesawat per jam. (*/Q)