Antisipasi Erupsi Gunung Agung Kemhub Siapkan 5 Bandara

 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menyiapkan lima bandara untuk mengantisipasi jika penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali terganggu akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung.

“Kami sudah siapkan bandara di sekitar Bali,” katanya kepada wartawan usai dialog bertema “Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla” di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9).

Seperti diberitakan beritasatu, ia mengatakan bandara yang disiapkan adalah Lombok, Makassar, Banyuwangi, Surabaya dan Malang. Kendati demikian, dia berharap Gunung Agung tidak meletus agar tidak mengganggu penerbangan dan pariwisata di Bali.

Sejauh ini, penerbangan di Bali masih normal kendati terjadi peningkatan aktivitas Gunung Agung.

Sebelumnya, pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyatakan penerbangan di bandara setempat tidak terpengaruh peningkatan status aktivitas vulkanik Gunung Agung yang telah menjadi awas (level IV).

Dia mengatakan, pihak bandara telah menjalin komunikasi intensif dengan instansi terkait untuk memantau kondisi terakhir setelah peningkatan status aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu. “Kami telah menyiapkan antisipasi apabila wilayah udara ternyata tidak aman, terutama menyangkut penanganan calon penumpang dan pesawat udara,” kata dia. (Q)