Anak Garuda Indonesia, GMF Agresif Berekspansi

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMF) kembali melakukan penandatanganan kerjasama di hari kedua Singapore Airshow 2018 (7/2). Kesepakatan kerjasama ini diawali dengan penandatanganan kesepakatan Strategic Initiatives dengan KORR Group . Bertempat di booth Garuda Indonesia Group penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto dan CEO KORR Group, Craig Scott dan disaksikan Founder & Chairman KORR Group, Bevan Coote. Kesepakatan ini berisi tentang kerja sama operasi GMF dengan KORR Group untuk pengembangan fasilitas perawatan pesawat di Australia.

Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto, menjelaskan area Australia dipilih karena memiliki potensi pasar perawatan yang cukup tinggi khususnya dalam bidangline maintenance. Iwan mengatakan dari sisi kualitas, GMF dapat bersaing dengan perusahaan MRO kelas dunia lainnya.

“Kami butuh eksistensi di tengah pasar agar dapat menyerap pendapatan yang lebih besar lagi,” tambahnya lagi.

Kerja sama lain yang dimantapkan melalui seremoni penandatanganan adalah Kemitraan di kawasan Timur Tengah di mana GMF memantapkan diri dengan bermitra dengan GME Aviation yang merupakan grup usaha aviasi yang cukup besar di kawasan Timur Tengah.

CEO GME Aviation, Kalyan mengatakan pihaknya ingin membawa kapabilitas bersama dengan kualitas milik GMF ke kawasan Timur Tengah yang memiliki perkembangan pasar yang pesat. Ia menambahkan potensi bisnis yang dapat ditimbulkan dari kerja sama ini adalah senilai USD 10 Juta. “Hingga tahun 2020 potensi bisnis dapat berkembang hingga 5 kali lipat besarnya. Bisnis perawatan pesawat dikawasan Timur Tengah sangatlah menjanjikan, dan bermitra dengan GMF merupakan suatu pilihan yang tepat dengan segala kemampuan serta kualitas yang dimiliki oleh GMF,” pungkas Kaylan.

Untuk menambah kepercayaan diri dalam berekspansi, GMF bersinergi dengan Garuda Indonesia dan juga STELIA dalam hal pemeliharaan dan perawatan kursi kelas bisnis. Garuda Indonesia menandatangani perjanjian dengna STELIA untuk penggunaan kursi kelas bisnis buatan STELIA yang rencananya akan digunakan pada pesawatnya ditahun 2019 mendatang. GMF dipercaya Garuda Indonesia untuk merawat dan memelihara kursi kelas bisnis teranyarnya. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto, Direktur Teknik & Pemeliharaan Garuda Indonsia, I Wayan Susena dan Head Sales Stelia, Stephane Hersen.

Sesaat setelah penandatanganan, Stephane mengatakan bahwa STELIA sebagai salah satu produsen kursi penumpang terbaik didunia berkomitmen untuk memberikan produk terbaik dan mengaplikasikan teknologi paling mutakhir agar kursi kelas bisnis tersebut tidak rusak. “Kami memberikan garansi selama lima tahun untuk kerusakan tertentu. Kami juga akan membantu GMF dalam pengembangan kapabilitasnya dalam merawat kursi buatan kami,” ungkap Stephane. (*/Q)